Rakit PC Sendiri di Rumah

PC Rakitan mungkin untuk beberapa orang menjadi penyelesaian yang paling menarik, sekalipun menjadi lebih terjangkau.

Pasalnya, keperluan gawai baik dalam format komputer maupun laptop malah meningkat sekitar masa pandemi covid 19.

Kebutuhan gawai maupun komputer diakibatkan tingginya kegiatan WFH, sampai-sampai hal ini menjadi sesuatu yang sangat urgen dalam menambah produktivitas kerja.

Tak jarang, dalam masa WFH pun suatu laptop dan komputer dengan beban berlebih malah dapat memperlambat produktivitas komputer.

Faktor itu pun kadang menciptakan orang menyimpulkan untuk ganti yang baru dikomparasikan sekadar servis karena hal usia dan performa yang telah menurun.

Harga komputer atau laptop jadi dengan spesifikasi tinggi pun pun tidak murah, sehingga hadir tagar #mendingrakitPC juga menjadi penyelesaian menarik.

Apabila kamu perlu referensi merakit PC guna WFH sekalipun bermain game, maka simak pembahasannya bersama-sama!

Sebelum merakit PC, anda harus menilai sejumlah hal penting tentang spesifikasi komputer
Rakit PC tidak saja sekadar membina komputer saja, melainkan pun berkreasi cocok dengan keperluan dalam bekerja.

Umumnya, prsoses rakit PC kerap dilaksanakan untuk orang-orang yang bekerja dalam industri desain maupun IT yang menuntut spesifikasi komputer mumpuni, sekalipun layak dipakai untuk jangka panjang.

Sebelum anda rakit PC, ada sejumlah hal dasar yang perlu anda ketahui agar komputer yang anda buat dapat ngebut tanpa terdapat hambatan sama sekali.

1. Prosesor Komputer
Harus dinyatakan jika prosesor adalahbagian yang sangat urgen sekalipun paling vital guna memenuhi keperluan komputasi dalam proses rakit PC.

Tak jarang, performa komputer paling ditentukan oleh prosesor yang diusungnya sekalipun masing-masing tahunnya terus berubah.

Untuk keperluan standar rakit PC, lazimnya ada dua prosesor yang dapat kamu pakai baik Intel maupun AMD.

Adapun, dua-duanya masing masing memiliki kelebihan dalam bekerja maupun gaming, walau Intel ingin lebih unggul.

Jika prioritas kamu ialah merakit PC untuk keperluan performa tinggi, usahakan pakai Intel i5 atau i7 generasi 10 telah lebih dari cukup.

Sementara, andai kebutuhan kamu ialah murni guna bekerja dan sesekali bermain game, usahakan pakai saja prosesor Intel i3 atau AMD Ryzen 3.

Baca Juga : 7 Rekomendasi Laptop Gaming Murah Pilihan Terbaik di Bawah Rp10 Juta yang Bisa Kamu Beli Sekarang

2. RAM
Kerap menjadi bagian sangat sensitif, pemakaian RAM guna bekerja maupun bermain game pun harus anda perhatikan dengan benar.

Untuk diketahui, peranan RAM pada komputer bermanfaat untuk menyimpan data yang aktif ketika proses bekerja, sekalipun memenuhi keperluan multitasking.

Sebagai rujukan, guna memenuhi keperluan komputasi kerja maupun bermain game, umumnya diperlukan RAM antara 8GB maupun 16GB.

Adapun, guna pilihan brand yang dapat kamu beli dapat merek Corsair Vengeance maupun V-Gen.

3. Kartu Grafis/VGA
Jika kamu ialah seorang desainer dan merangkap gamer, maka kartu grafis atau VGA adalahsalah satu unsur yang paling penting.

Sebab, kartu grafis memungut informasi dari CPU, lalu bakal memproses gambar dengan perumahan dan paling cepat.

Adapun, brand kartu grafis yang paling melegenda ialah NVIDIA GeForce GTX 1050 dengan penyimpanan daya antara 2GB hingga 4GB.

4. Motherboard
Di samping prosesor, bagian beda yang menjadi prioritas guna bekerja dan bermain game ialah Motherboard.

Perlu anda ketahui, andai Motherboard bermanfaat menghubungkan sekian banyak komponen elektronik komputer agar dapat berkolaborasi dengan baik.

Ada sejumlah rekomendasi Motherboard murah dengan kualitas terbaik yang dapat kamu beli, laksana Asus Z170 Pro maupun MSI Z170A Gaming Pro.

Sementara, bilamana kamu mempunyai budget berlebih, tak terdapat salahnya untuk melakukan pembelian ASUS ROG, eksklusif untuk anda yang bekerja sebagai desainer.

5. Casing
Meski unsur ini menjadi opsional, namun untuk beberapa orang yang rakit PC unsur ini sering menjadi di antara perhatian penting.

Pasalnya, komputer yang dirakit tidak melulu sekadar kegunaannya saja, melainkan pun ada nilai estetikanya sampai-sampai harus diacuhkan dengan baik.

Umumnya, seorang gamer yang rakit PC kerap melakukan pembelian casing dalam format terbuka, sekalipun berwarna RGB minimalis.

6. Hardisk atau SSD
Setelah memiliki prosesor, RAM, dan motherboard mumpuni, pastikan andai lokasi penyimpanannya juga mempunyai kualitas yang baik.

Untuk urusan ini, anda pun dapat menggunakan SSD atau Solid State Drive dengan kecepatan menyimak dan komputasi hingga tiga kali lipat lebih cepat.

Adapun, SSD terbaik untuk keperluan rakit PC yang sangat direkomendasikan ialah Samsung EVO 870 atau EVO 860.

7. Layar
Seiring berjalannya waktu, layar PC harganya pun sekarang kian tercapai sekalipun dalam resolusi LED.

Ada sejumlah jenis layar komputer yang dapat kamu beli, baik dalam format mendatar maupun berbentuk lengkung dengan harga kompetitif.

Kamu pun dapat memilih layar melengkung dengan harga mulai dari Rp1,5 jutaan saja guna menghasilkan empiris bekerja maupun main game terbaik

 

Leave a Comment