Penyebab Penyakit Kulit

emua orang berisiko terpapar penyakit kulit. Bahkan orang yang rajin mandi dan teratur pakai skincare sekalipun. Pasalnya masing-masing penyakit kulit mempunyai penyebab yang berbeda-beda. Bagi lebih jelasnya, ayo kenali apa saja penyebab penyakit kulit.

Berbagai penyebab penyakit kulit

Banyak urusan yang dapat menyebabkan munculnya situasi penyakit kulit. Secara garis besarnya, penyebab penyakit kulit dapat dipisahkan menurut jenis penyakitnya yakni penyakit kulit menular dan penyakit kulit tidak menular. Berikut selengkapnya.

Penyebab penyakit kulit menular

Biasanya, penyakit kulit yang menular muncul sebab adanya infeksi. Penyakit dapat datang dari infeksi virus, infeksi bakteri, infeksi parasit, atau infeksi jamur.

1. Infeksi virus

Infeksi virus ialah salah satu penyebab penyakit kulit yang lumayan sering terjadi. Ada tiga kumpulan virus yang sangat sering mengakibatkan penyakit kulit yaitu:

• Poxvirus, mengakibatkan moluskum kontagiosum dan cacar,
• Human papillomavirus, mengakibatkan kutil kelamin, dan
• Virus herpes, mengakibatkan herpes kulit dan kelamin.

Penyakit yang diakibatkan oleh virus ini dapat ringan dapat juga berat. Bagi itu, kerjakan pengobatan dini untuk menangkal keparahan penyakit.

2. Infeksi bakteri

Kulit insan sebenarnya adalahhunian untuk banyak bakteri laksana Staphylococcus, Corynebacterium sp., Brevibacterium sp., dan Acinetobacter. Bakteri-bakteri ini termasuk baik dan tidak mengakibatkan masalah. Namun, jenis-jenis lainnya dapat menjadi penyebab penyakit kulit. Biasanya bakteri masuk ke kulit melewati luka tersingkap atau lecet pada kulit. Memiliki luka tersingkap atau lecet memang tidak tidak jarang kali pasti menciptakan Anda kena penyakit kulit, tapi pasti saja menambah risikonya. Apalagi andai daya tahan tubuh kita melemah dampak penyakit kronis yang dimiliki. Di samping itu, situasi tersebuat juga dapat muncul dampak efek samping pengobatan. Berikut sekian banyak jenis bakteri penyebab penyakit kulit beserta masalah yang disebabkannya. Untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan Pastikan anda tidak terlambat berkonsultasi bersama dokter di klinik Apollo  berhubungan untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Staphylococcus aureus:

• Folikulitis (kondisi ketika folikel rambut meradang)
• Bisul
• Impetigo (infeksi yang mengakibatkan ruam merah mengandung cairan)
• Ektima (borok di kulit yang tertutup kerang kuning kecokelatan)

Streptococcus pyogenes:

• Selulitis (infeksi kulit dan jaringan empuk di bawahnya)
• Impetigo
• Bisul
• Erisipelas (infeksi akut berupa bercak di kulit)

Corynebacterium species:

• Eritrasma (Peradangan kulit yang menyerang lokasi tubuh dengan tidak sedikit keringat)
• Pitted keratolysis (infeksi bakteri di telapak kaki)
• Bila infeksi bakterinya ringan, seringkali kondisi itu akan membaik tanpa diserahkan penanganan khusus. Namun, bila bakteri tetap hadir dan menyebabkan masalah yang serius, situasi harus segera ditangani dengan antibiotik.

3. Infeksi parasit

Parasit menjadi di antara penyebab penyakit kulit yang butuh diwaspadai. Parasit seringkali berwujud serangga kecil atau cacing yang masuk ke dalam kulit guna hidup atau bertelur. Di samping pada kulit, infeksi dampak parasit pun biasa masuk ke aliran darah dan organ. Namun tak butuh khawatir, infeksi kulit yang satu ini lazimnya tidak menakut-nakuti jiwa. Hanya saja memang menciptakan pengidapnya tidak nyaman. Adapun jenis infeksi kulit dampak parasit, yakni kutu rambut dan kudis atau scabies.

4. Infeksi jamur

Infeksi jamur seringkali menyerang unsur kulit yang ingin lembap laksana kaki dan ketiak. Pasalnya, jamur sangat gampang berkembang biak di lingkungan yang hangat dan lembap. Atlet tergolong yang lumayan rentan terhadap infeksi jamur. Pasalnya, pakaian yang basah dan lembap dampak berkeringat menjadi lokasi tinggal favorit untuk jamur guna berkembang biak. Apalagi, bila diperbanyak luka pada kulit yang menciptakan jamur dapat masuk ke lapisan kulit yang lebih dalam. Oleh karena itu, tidak boleh membiarkan tubuh terlampau lama dalam suasana basah atau lembap andai tidak hendak terinfeksi jamur. Segera mandi atau keringkan tubuh sesudah melakukan kegiatan yang mengeluarkan tidak sedikit keringat. Adapun sekian banyak masalah kulit yang diakibatkan oleh infeksi jamur, yaitu:

• kutu air,
• kurap, dan
• ruam popok.

Leave a Comment