Pengertian Genre Felem Horor

  • Share

Menurut ilk21 Film horor ialah film yang bertujuan untuk menyerahkan penonton rasa takut. Awal awalnya film horor terinspirasi dari semua pengarang dengan genre yang sama, laksana Edgar Allan Poe, Bram Stoker, dan Mary Shelley. Film horor ialah sebuah genre yang telah muncul selama lebih dari satu abad dan pada dasarnya film horor bisa digabungkan oleh genre lain, laksana fantasi, thriller, action, sci-fi, dan tidak sedikit genre lainnya. Apabila kedua genre digabungkan maka jadilah suatu sub-genre, yaitu cabang dari suatu genre, yang melebur menjadi satu dengan genre lainnya. Di dalam tulisan ini bakal dijelaskan sejumlah sub-genre dari film horor. Selain keterangan mengenai setiap sub-genre, tulisan ini pun akan menuliskan sejumlah film dari sub-genre masing-masing.

 

Melalui judulnya saja sudah dapat ditebak bila sub-genre ini menggabungkan unsur dari film horor, laksana roh jahat, tempat angker, atau kejadian di luar akal lantas digabungkan dengan aksi tembak-tembakan dan kejar-kejaran. Tema yang biasanya ada di dalam film action-horor antara lain, gore, setan, alien, hewan buas, vampire, dan zombie. Action horor juga dapat digabungkan dengan genre lain laksana fantasi. Film-film yang tergolong ke dalam kelompok action horor antara lain: Aliens, Predator, Dog Soldiers, Blade, From Dusk Till Dawn, I Saw the Devil, Resident Evil, Feast, dan Train to Busan. Bagaimana bila yang menjadi sumber dari ketakutan tersebut sendiri bukanlah hantu, lokasi angker, atau kejadian aneh, tetapi tubuh insan sendiri?

 

Kompleksitas tubuh manusia, baik secara jasmani maupun mental, tidak jarang dijadikan tema di dalam film horor. Sehingga kesudahannya jadilah Body Horor. Sub-genre ini memperlihatkan bagaimana tubuh insan dapat pulang menjadi menyeramkan, posisinya terletak salah, atau unsur tubuh yang menjadi “monster” yang terbit dari tubuh manusia. Body Horor ialah subgenre yang menjadikan sutradara asal Kanada, David Cronenberg, terkenal. Beberapa judul dari sub-genre ini antara lain: Starry Eyes, Videodrome, Dead Ringers, Contracted, The Thing, The Fly, dan American Mary. Film horor tidak tidak jarang kali mengundang rasa fobia penonton, tetapi juga dapat memunculkan rasa tawa.

 

Biasanya pemirsa akan disuguhkan adegan yang seharusnya mencekam di dalam film horor, namun sebab mempunyai tambahan genre komedi, adegan tersebut seringkali dibawakan secara lucu guna mengundang tawa penonton. Komedi yang dipakai oleh film Comedy Horor seringkali black comedy, atau ditujukan guna film horor dengan rating yang dapat ditonton oleh semua keluarga. Sub-genre ini mula mulanya berasal dari kisah pendek berjudul The Legend of Sleepy Hollow oleh Washington Irving. Beberapa judul film Comedy Horor antara lain: An American Werewolf in London, Beetlejuice, Jennifer’s Body, Teeth, Nina Forever, Slither, Evil Dead II, Army of Darkness (film Evil Dead ketiga), Shaun of the Dead, Zombieland, Scary Movie, dan Idle Hands. Bagi film komedi horor yang ditujukan guna keluaga ialah Gremlins dan Ghostbusters.

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *