Panduan Lengkap Cara Menggunakan Kargo

Kargo Tech ialah platform yang menghubungkan antara orang yang memerlukan jasa ekspedisi muatan atau penyewaan truk (shipper) dengan orang atau perusahaan yang mempunyai truk dan meluangkan layanan ekspedisi muatan (vendor). Platform Kargo muncul sebagai lokasi untuk menggali dan memberi penawaran harga terbaik guna penyewaan truk.

Cara Menggunakan Kargo

Sangat gampang untuk mengikutsertakan diri dan memakai layanan di platform Kargo. Anda melulu perlu gadget (smartphone atau komputer), nomor handphone yang masih aktif, dan alamat email. Sekarang, kita siap guna mengirim permintaan ekspedisi muatan dengan langkah-langkah inilah ini:

1. Memilih Jasa

Pilih lah jasa cargo aman dan terpercaya supaya barang kamu sampai di destinasi dengan aman dan utuh dan biaya pengiriman cargo terjangkau.

2. Isi Form Permintaan Ekspedisi Muatan

Saat kesatu kali membuka Kargo, kita dibawa mengarah ke ke halaman yang berisi eksemplar isian yang bermanfaat untuk dipenuhi sebagai data permintaan ekspedisi muatan Anda. Formulir itu mengandung informasi rute pengiriman, jadwal pengiriman, dan rinci muatan yang bakal Anda kirim.

3. Isi Data Diri Anda

Lengkapi data diri yang dibutuhkan, seperti: nama lengkap, alamat email, nomor handphone, dan password guna login pulang di beda waktu. Kemudian, baca lagi kriteria dan peraturan yang lebih menyeluruh di bawahnya guna meyakinkan kita menyetujuinya.

4. Verifikasi nomor Handphone Anda

Platform Kargo bakal mengirim SMS ke nomor handphone yang kita berupa kode OTP guna verifikasi nomor yang kita masukkan telah benar. Masukkan kode OTP itu ke dalam platform Kargo dan lanjutkan tahapan berikutnya. Pro Tip: Jangan pernah sebarkan atau berikan kode OTP guna verifikasi tersebut untuk siapapun. Bahkan, sekalipun itu ialah karyawan internal Kargo Tech guna meyakinkan data individu Anda bakal tetap aman.

5. Konfirmasi Permintaan Anda

Anda nyaris menyelesaikan etape upload permintaan harga. Langkah selanjutnya ialah konfirmasi pulang data yang tadi kita isi telah benar. Jika terdapat yang salah, edit pulang bagian itu sampai benar. Namun, Anda dapat tekan tombol “Lanjut” guna upload permintaan kita tersebut.

6. Lihat Seluruh Penawaran Yang Diterima dan Pilih di Antara Vendor

Sesaat sesudah Anda upload, platform Kargo bakal mengirim pesan untuk semua vendor terkualifikasi guna mengirim penawaran ke permintaan yang kita kirim tersebut. Disini, Anda dapat melihat seluruh vendor yang mengirim penawaran.

7. Pilih Cara Pembayaran

Metode pembayaran di platform Kargo paling fleksibel. Anda dapat memilih guna bayar melewati Kargo Tech sebagai rekening bareng atau bayar langsung ke vendor tanpa melewati Kargo. Adapun opsi bank andai Anda memilih bayar melewati Kargo Tech ialah BCA, Permata, dan BNI. Namun, andai Anda hendak membayarnya secara tunai langsung untuk vendor, silahkan baca tulisan ini terlebih dahulu guna meyakinkan bahwa Anda memahami perbedaan antara “bayar melewati Kargo Tech” dengan “bayar langsung ke vendor tanpa melewati Kargo Tech”. Pengiriman kedua jenis pembayaran ini akan dibentengi oleh asuransi, tetapi untuk jenis pembayaran langsung ke vendor terdapat dalam masa-masa yang terbatas.

8. Komunikasi Dengan Vendor Guna Meyakinkan Ekspedisi Lancar

Akhirnya, Anda mengejar vendor, dan ekspedisi sudah dapat dilakukan cocok dengan jadwal yang kita inginkan. Dalam etape ini, Anda mesti tetap berkomunikasi dengan vendor guna meyakinkan rinci bongkar muat pengiriman. Selama ini juga, kita berhak meminta vendor untuk menyerahkan status ekspedisi muatan dalam perjalanan melalui software Kargo Vendor.

9. Konfirmasi Setelah Ekspedisi Selesai

Pastikan kembali masing-masing muatan hingga ke destinasi rute pengiriman, dan tidak terdapat muatan yang bobrok ataupun hilang. Kemudian, segera mohon vendor guna mengunggah surat jalan (POD) ke dalam platform. Surat jalan ini bermanfaat sebagai bukti bahwa kita sudah mengerjakan pengiriman, serta sebagai bukti andai Anda memerlukan klaim asuransi. Lakukan konfirmasi itu secara online melewati platform (wajib).

10. Tinggalkan Testimoni

Selamat! Muatan Anda telah sampai destinasi dan sudah dikonfirmasi. Silahkan tinggalkan testimoni untuk vendor melewati platform, contohnya “Terimakasih vendor A yang sudah menolong saya mengirim muatan dengan cepat dan aman ke luar kota”.

11. Share Empiris ini ke orang lain

Kini saatnya teman, keluarga, atau teman kerja kita tahu bila Anda telah pernah memakai Kargo dan merasa puas dengan layanan yang disediakan. Jangan ragu pulang ke platform Kargo guna upload lagi permintaan harga ekspedisi muatan lainnya.

 

Leave a Comment