Kelebihan dan Kekurangan Pondasi Cakar Ayam

Kelebihan Pondasi Cakar Ayam

Bangsa Indonesia mesti berterima kasih untuk Ir. Sedyatmo atas gagasannya perihal pondasi cakar ayam ini sebab ternyata memiliki tidak sedikit manfaat untuk konstruksi. Beberapa keunggulan fondasi ini di antaranya merupakan:

1. Bisa Dibangun di Atas Tanah yang Kurang Kokoh

Seperti destinasi awalnya, pondasi cakar ayam memang bermanfaat khusus guna menopang pembangunan yang berada di area dengan tanah tidak cukup kokoh. Bahkan, dengan pemanfaatan pondasi ini, proyek konstruksi tetap dapat berlangsung meskipun situasi tanahnya bertekstur lembek atau berair. Fondasi ini terjamin kekuatannya dan tidak akan menciptakan tanah longsor, ambles, atau bergeser. Dari segi teknis, fondasi cakar ayam ini memang memiliki sokongan kekuatan yang lebih tinggi dan tidak memerlukan ruang-ruang guna pengembangan dampak pengaruh cuaca.

2. Tidak Butuh Sistem Drainase

Sesuai dengan keunggulannya yang kesatu, keunggulan ini pun memungkinkan pembangunan konstruksi bahkan pada situasi tanah yang lembek sekali pun. Dengan pondasi cakar ayam, tanah bangunan tidak butuh repot sebab fondasi ini tidak memerlukan sistem saluran dan sambungan kembang kusut. Hal ini terjadi sebab seluruh fondasi cakar ayam disusun dari beton padat yang paling kuat yang tidak mempunyai ruang guna drainase. Keunggulan ini menciptakan pengerjaan konstruksi jauh lebih hemat dari sisi material, biaya, serta masa-masa pengerjaannya.

3. Cocok guna Banyak Wilayah di Indonesia

Sesuai dengan peruntukan awalnya, fondasi ini utamanya guna wilayah-wilayah yang mempunyai tanah lembek, yang tidak sedikit sekali di Indonesia. Oleh sebab itu, fondasi cakar ayam sangat sesuai untuk pelbagai wilayah geografis laksana persawahan, pergunungan, wilayah rawa, tergolong dataran rendah. Jangan heran bila fondasi satu ini paling populer dan diadaptasi oleh tidak sedikit perumahan sampai bangunan-bangunan tinggi di Indonesia. Lebih dari itu, kualitas fondasi ini pun sudah paling teruji secara internasional karena tidak sedikit digunakan pun di sekian banyak belahan dunia.

4. Bangunan Jadi Lebih Kokoh

Kelebihan pondasi cakar ayam berikutnya ialah bangunan jadi lebih kokoh meskipun sedang di atas tanah yang kondisinya tidak cukup stabil. Semua berkat teknik kerjanya yang paling baik di mana fondasi ini langsung menjebol bagian tanah terdalam saat selesai terpasang. Penggunaan beton di borongan fondasi pun jelas paling menguntungkan sebab membuat daya tahan fondasi ini semakin kokoh.

Kekurangan Pondasi Cakar Ayam

Seiring berjalannya waktu rumah yang sudah kita bangun puluhan tahun lalu semakin lama akan mengealami kerusakan pada dinding, atam, maupun interior yang anda aplikasikan ke rumah anda apanila tidak di rawat dengan baik oleh si pemilik rumah tersebut. Mencari Jasa Renovasi Rumah adalah langkah yang tepat untuk memperbaiki kerusakan-kerusakan tersebut. Meskipun familiar sebagai fondasi yang kuat, tetapi tetap saja fondasi ini memiliki sejumlah kekurangan yang mesti anda perhatikan. Beberapa kelemahan pondasi cakar ayam di antaranya:

1. Biaya Pengerjaan Lebih Mahal

Sehubungan dengan tujuan tadinya fondasi ini ialah untuk membina bangunan bertingkat, maka otomatis ongkos pengerjaannya juga jauh lebih mahal. Bahkan, bila dikomparasikan dengan sejumlah jenis fondasi konvensional lainnya, ongkos pengerjaan fondasi ini tetap jauh lebih mahal harganya. Penyebabnya, pengerjaan pondasi cakar ayam lumayan rumit serta memerlukan peralatan yang modern serta bahan-bahan yang lumayan banyak. Contoh kecilnya ialah proses betonisasi pada fondasi ini yang memerlukan bahan paling banyak.

2. Tidak Cocok guna Bangunan Kecil

Tujuan mula pembuatan bangunan ini, laksana sudah disebut-sebut sebelumnya, ialah untuk bangunan tinggi atau proyek infrastruktur yang berskala besar. Oleh sebab itu, meskipun anda tertarik dengan pamor pondasi cakar ayam ini, tetapi sayangnya tidak sesuai untuk lokasi tinggal kecil. Alasannya tidak saja dari segi bangunannya saja yang tidak cukup cocok, tetapi pun dari segi ongkos dan proses pemasangannya memang tidak sesuai untuk bangunan kecil. Jika hendak membangun lokasi tinggal satu lantai, usahakan pakai saja jenis fondasi lainnya yang lebih hemat tetapi tetap berbobot | berbobot | berkualitas tinggi.

3. Proses Pembuatan Cukup Rumit

Faktor terakhir jelas pun sangat berpengaruh, minimal pada durasi pengerjaan proyek konstruksinya. Fondasi pribumi yang powerful dan teruji ini memang bukan hasil dari proses yang gampang dan sederhana, namun dari proses pembuatannya yang lumayan rumit. Hal ini tidak melulu menyedot ongkos produksi yang besar, namun juga dominan pada molornya pengerjaan proyek yang diharapkan.

Leave a Comment