Bocoran 3 Trik Menghemat Kuota Internet di HP, Jadi Makin Jarang Beli Pulsa

Ponsel pintar dan data internet hari ini telah menjadi dua urusan yang keberadaannya begitu diperlukan masyarakat guna menunjang komunikasi dan pekerjaan sehari-hari. Ponsel pintar dan internet ini dinyatakan atau tidak memang mempermudah begitu tidak sedikit kegiatan manusia, mulai dari bergaul di media sosial, menjalin komunikasi melalui software perpesanan, kegiatan mobile banking, jual-beli online, mengakses hiburan, seluruh hal dapat dilakukan dengan mudah andai ponsel pintar dan internet terdapat di genggaman.Nah,, Untuk anda yang ingin melakukan pembelian pulsa bisa lansung kunjungi Agen Pulsa terpercaya anda agar terhindar dari hal-hal yang tidak kita inginkan.

Namun, terkadang anda merasa data atau kuota internet yang anda miliki begitu cepat habis, sehingga anda tidak lagi dapat berseluncur di dunia maya atau pekerjaan lain yang memerlukan koneksi internet. Dosen Pendidikan Teknologi Informasi dari Universitas Sebelas Maret (UNS), Nurcahya Pradana Taufik Prakisya menyinggung memang ada tidak sedikit hal yang memengaruhi pemakaian kuota internet di ponsel kita. Lalu, guna menghemat pemakaian data ini, Nurcahya menyalurkan sejumlah tips yang dapat Anda coba.

1. Menonaktifkan unduh dan pembaruan otomatis.

Kita tentu mempunyai banyak software yang terdapat di ponsel pintar kita, dan aplikasi-aplikasi itu dapat tiba-tiba memodernisasi sistem operasinya. Tidak melulu aplikasi, sistem ponsel tersebut sendiri pun kerap kali merasakan pembaruan. Aktivitas pembaruan ini pasti memakan data internet, untuk tersebut hentikan pembaruan otomatis di unsur “Pengaturan”. Hal yang sama pun terjadi pada unduh otomatis media gambar/video yang seringkali ada di aplikasi-aplikasi perpesanan.

Kalau di WhatsApp, fitur auto download image atau video dapat dimatikan di setting,” ujar Nurcahya. “Auto update sistem dan software juga butuh dimatikan supaya pemakaian data tidak melimpah secara tiba-tiba,” tambahnya. Dengan mematikan fitur unduh atau pembaruan otomatis ini, kita dapat menyimpan kuota internet. Jika kita memerlukan media untuk didownload atau pembaruan sistem, kita dapat mendapatkannya saat tengah terhubung dengan jaringan WiFi.

2. Sistem bersih

Tips kedua yang dapat dilakukan guna menghemat kuota ialah dengan meyakinkan sistem ponsel anda bersih dari sekian banyak virus atau malware. Untuk menemukan ponsel yang bebas virus, kita dapat memasang software sejenis antivirus di ponsel kita.

3. Fitur pembatasan data

Yang ketiga, kita dapat mengaktifkan fitur pembatasan data yang terdapat di setiap ponsel kita. “Gunakan limiter pemakaian data yang seringkali sudah terdapat di halaman penataan perangkat,” sebutnya. Ketika fitur ini diaktifkan, anda akan diberi tahu bilamana pemakaian data kita telah melebihi batas yang anda kehendaki. Dengan begitu anda akan mengerem atau menghentikan aktivitas-aktivitas di ponsel yang anda tahu bakal memakan data lebih tidak sedikit lagi.

 

Leave a Comment