Apa Itu Kapal Tanker


Online Logistics Marketplace~Kapal tanker ialah kapal yang khusus dipakai untuk membawa barang riskan dan gampang terbakar. Artinya, kapal ini dirancang khusus guna membawa gas, minyak, dan bahan kimia lainnya. Kapal jenis ini dibekali dengan sistem keselamatan yang mumpuni dan cocok standar yang berlaku. Kapal ini membawa jenis muatan yang sangat riskan tidak hanya untuk manusia, melainkan pun lingkungan. Oleh karena itu, dibutuhkan kehati-hatian dalam mengoperasikan kapal ini. Apabila terjadi kekeliruan sedikit saja, maka akibatnya tidak main-main. Baik untuk pekerja maupun lingkungan sekitar, memang bisa dominan fatal. Pengoperasian kapal ini memang seringkali riskan dan biasa dirasakan pekerja ketika menjalankan kapal tanker. Misalnya terjadinya kebocoran, kebakaran, dan sebagainya.

 

Jenis-Jenis   Kapal Tanker Berdasarkan Kapasitas

 

Oil Tanker

Jenis kapal tanker ini barangkali yang sangat populer. Sesuai dengan namanya, oil tanker ialah jenis kapal yang dirancang khusus guna membawa minyak.

 

Product Tanker

Kapal jenis ini khusus dipakai untuk membawa hasil produk minyak dari pengolahan minyak mentah dari kilang pengolahan. Umumnya, kapal ini dipisahkan menurut tangki dan jenis minyak yang diangkut. Clean product ialah produk minyak yang sifatnya lebih ringan, contohnya solar, minyak tanah, bensin, dan avtur. Sementara itu, dirty product ialah produk minyak yang sifatnya lebih berat contohnya residu dari bahan bakar dan minyak tersebut sendiri. Pada dasarnya clean product dapat membawa dirty product, tetapi tidak sebaliknya.

 

Crude Tanker

Jenis kapal ini khusus diciptakan untuk membawa minyak mentah, seringkali yang sifatnya homogen. Adapun minyak mentah sendiri tidak mempunyai perbedaan yang mencolok sebab ujung-ujungnya tetap bakal diolah. Adapun crude tanker ini mempunyai ukuran mulai 50.000 MT dwt s/d 500.000 MT dwt.

 

Chemical Tanker

Kapal jenis ini dipakai untuk membawa bahan kimia cair yang mempunyai sifat curah. Kapal ini seringkali digunakan guna membawa jenis bahan sensitif, contohnya minyak nabati, lemak, metanol, dan beda sebagainya. Standar kebersihannya tergolong tinggi dan muatannya paling berbahaya. Hal ini sebab sebagian besar bahannya beracun dan rentan tersulut api. Berdasarkan IBC Code, kapal ini dipecah menjadi tiga jenis, yakni ST2, ST1, dan ST3.

 

 

Leave a Comment