Alasan Kenapa Perlu Menggunakan Rompi Safety Proyek

  • Share

Rompi safety proyek ialah jenis rompi yang dilengkapi dengan reflektor, bahan yang bisa berpendar andai terkena cahaya. Adanya reflektor pada rompi memudahkan orang lain guna mengenali posisi pekerja sampai-sampai memperkecil risiko kecelakaan. Sering anda lihat rompi ini digunakan oleh pekerja proyek, laksana mereka yang bekerja di bidang konstruksi, mengoperasikan perangkat berat, dsb. Lalu, mengapa mereka menggunakan rompi tersebut? Berikut ini alasan kita harus memakai rompi proyek:

1. Upaya Menjamin Keselamatan Pekerja

Risiko kecelakaan dapat terjadi kapan saja, ketika bekerja sekalipun. Bagi itu, keselamatan kerja paling diperhatikan, bahkan hak pekerja atas garansi keselamatan telah diputuskan dalam Undang-Undang Keselamatan dan Kesehatan Kerja, yakni UU No. 1/1970 dan No. 23/1992. Undang-undang itu mengatur supaya pimpinan perusahaan mengerjakan upaya untuk mengawal keselamatan dan kesehatan pekerja, baik kesehatan jasmani maupun mental. Salah satu upaya mengawal keselamatan pekerja ialah dengan meluangkan rompi safety proyek, khususnya untuk mereka yang tercebur dalam pekerjaan memakai alat berat.

2. Desain Khusus guna Mencegah Kecelakaan Kerja

Rompi safety proyek bertolak belakang dengan rompi-rompi pada umumnya. Rompi yang didesain khusus guna keselamatan ini bermanfaat untuk menangkal terjadinya kemalangan yang diakibatkan tabrakan atau kontak berbahaya. Pada rompi ini terpasang strip reflektor yellow/silver high loss 3m 617/6160, sampai-sampai tahan lama dan mempunyai daya pancar reflektor maksimal. Di samping itu, rompi diciptakan dengan warna cerah, laksana kuning, oranye, atau hijau cerah. Warna-warna itu dapat tampak dari jarak yang jauh sampai-sampai orang beda dapat lebih berhati-hati guna tidak menabrak si pemakai rompi, baik di jalan raya maupun di tempat proyek.

3. Nyaman Dipakai dan Tahan Air

Rompi safety proyek tercipta dari bahan-bahan khusus, yakni parasit, taslan (nylon taslon), micro fiber, ribstok/ribstop, drill/twill, jala/jaring/net, polyster, reflektor plastik, scotlight 3m. Di samping itu, rompi dilengkapi zipper memakai coil/metal, aksesoris laksana karet, velcro, kancing, dan snap button. Bahan-bahan ini dipilih sebab nyaman digunakan dan tahan air.Pemilihan bahan ini penting sebab pekerja proyek lazimnya beraktivitas di angkasa terbuka. Dengan menggunakan rompi, pekerja bisa terus beraktivitas dengan leluasa tanpa terganggu mobilitasnya. Di samping itu, rompi dapat mengayomi pekerja dari penyampaian angin yang bisa mengganggu kesehatan fisik.

4. Mudah Terlihat dan Membuat Orang Lain Lebih Berhati-hati

Rompi safety proyek dipakai siang dan malam hari supaya para pekerja tetap bisa menjalankan kegiatan tanpa melalaikan keselamatan. Misalnya, mereka yang bekerja di jalan raya menggunakan rompi safety supaya mudah terlihat, sehingga gampang dikenali dan tidak tertabrak oleh pengendara jalan raya. Hal yang sama pun berlaku guna pekerja proyek yang beraktivitas di malam hari. Minimnya penerangan semakin memperbesar risiko kemalangan kerja, contohnya tertabrak perangkat berat yang dioperasikan oleh rekan. Namun, dengan menggunakan rompi safety, risiko itu dapat diatasi.

5. Bahaya Tidak Menggunakan Rompi Safety Proyek

Umumnya rompi safety digunakan oleh pekerja perusahaan pertambangan dan perminyakan, pekerja perusahaan kontraktor jalan raya, pekerja perusahaan kontraktor gedung (hi-rise building), pekerja perusahaan perangkat berat, serta pekerja perusahaan jasa logistik dan transportasi (darat, laut, dan udara). Di samping itu, rompi safety juga digunakan oleh polisi kemudian lintas dan petugas security. Jika tidak memakai rompi safety ketika bekerja, risiko kemalangan kerja bakal semakin tinggi. Misalnya, tertabrak pengemudi saat membetulkan jalan atau menata lalu lintas. Untuk yang pekerjaannya melibatkan pengoperasian perangkat berat, tidak menggunakan rompi dapat menyebabkan terbentur perangkat berat sehingga mengakibatkan cedera fatal.

6. Mempermudah Pencarian dan Penyelamatan

Seperti telah dilafalkan sebelumnya, rompi safety didesain dengan warna terang dan dilengkapi reflektor. Hal ini mempermudah identifikasi walau dalam jarak lumayan jauh. Selain bermanfaat untuk mencegah kemalangan kerja, pemakaian rompi safety juga bermanfaat dalam proses penelusuran dan penyelamatan bilamana kecelakaan kerja terjadi. Misalnya, pada permasalahan kecelakaan di lokasi terpencil, laksana di lokasi pertambangan, proses penelusuran dan penyelamatan bilamana korban menggunakan rompi safety.Untuk anda yang ingin membeli rompi proyek atau perlengkapan safety proyek lainnya, anda bisa kunjungi website distributor baju proyek di jamin aman dan terpercaya.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *