8 Cara Cermat Mengatur Gaji Bulanan

  • Share

Kesulitan menata gaji bulanan, tidak hanya dirasakan segelintir orang saja. Banyak masyarakat canggih sekarang ini, atau mungkin pun Anda mengalami kendala dalam menata gaji masing-masing bulan yang kita terima. Tidak jarang malah, Anda tidak jarang kehabisan duit sebelum pertengahan bulan. Hal ini dapat jadi sebab Anda tidak mengelola gaji kita dengan baik. Namun ada teknik jitu bagaimana mengelola gaji bulanan kita dengan bijak. Berikut cara mengatur gaji bulanan  :

1. Buat Anggaran Bulanan

Rencanakan perkiraan bulanan Anda. Mulailah membuat susunan pengeluaran bulanan untuk keperluan menjadi dua bagian. Untuk keperluan primer laksana makan, biaya bekerja, tagihan listrik, angsuran rumah, angsuran motor dan beda sebagainya. Sedangkan untuk keperluan tersier, buatlah perkiraan untuk shopping, traveling, hingga perkiraan hangout dengan teman-teman atau teman kerja Anda.

2. Segera Bayar Tagihan

Saat menemukan gaji, urusan yang kesatu kita lakukan ialah membayar seluruh tagihan kita di awal. Dari mulai tagihan listrik, telepon, cicilan, dan beda sebagainya. Hal ini penting, supaya tidak mengganggu ongkos kebutuhan kita sehari-hari. Dengan mengasingkan atau membayarkannya terlebih dahulu pasti akan menciptakan Anda lebih tenang untuk menata pengeluaran bulanan lainnya. Ditambah lagi di era teknologi sekarang para investor tidak sedikit mendirkan aplikasi/layanan Pinjam uang online cepat cair seperti aplikasi SINGA dan lain-lain.

3. Sisihkan Bagi Tabungan

Jika sekitar ini kita terbiasa menyisihkan saldo gaji guna tabungan, kali ini usahakanlah menyisihkan gaji untuk simpanan sebelum kita menggunakannya untuk kebutuhan sehari-hari. Hal ini berguna, untuk mengurangi pengeluaran-pengeluaran yang tidak terlampau penting.

4. Buat Laporan Keuangan Harian

Simpanlah struk melakukan pembelian barang yang kita dapatkan masing-masing kali berbelanja. Catatlah seluruh pengeluaran Anda masing-masing harinya. Selain teknik ini menolong Anda memahami kemana saja duit yang dipakai selama ini, ini pun dapat menolong Anda menganalisa dagangan apa saja yang sebetulnya tidak mesti kita beli di bulan yang bakal datang.

5. Miliki Dua Atau Lebih Rekening Bank

Buatlah dua tabungan bank yang berbeda. Gunakan satu tabungan untuk keperluan sehari-hari kita seperti, menerima gaji, menunaikan tagihan, dan belanja. Dan untuk tabungan lain bisa Anda pakai khusus guna menabung. Buatlah jumlah paling tidak berapa persen yang mesti kita tabung dari gaji bulanan Anda. Lakukan halnya seperti keharusan yang mesti kita penuhi masing-masing bulannya.

6. Bijaklah Menggunakan kartu Kredit

Kartu kredit pun dapat menolong Anda dalam mengelola keuangan, andai Anda bisa menggunakannya dengan cerdas. Misalkan, pakai promo yang diserahkan untuk melakukan pembelian barang-barang yang dibutuhkan, atau dapat dialokasikan untuk menunaikan semua tagihan-tagihan Anda. Jangan lupa guna segera melunasi tagihan kartu kredit Anda saat menerima tagihan kartu kredit.

7. Investasi

Setelah kita menyisihkan untuk simpanan dan gaji bulanan pada keperluan sehari-hari. Namun masih ada keunggulan dana dari gaji tersebut. Ada baiknya Anda memakai dana itu untuk investasi dengan mengekor Asuransi, Reksa Dana, maupun melakukan pembelian emas ataupun perhiasan dengan nilai jual tinggi. Hal ini bertolak belakang dengan menabung, andai menabung Anda dapat mengambilnya masing-masing saat. Di Investasi, dana yang Anda simpan dalam format lain dan tidak dapat Anda ambil kapanpun cocok keinginan. Cara ini tidak melulu membuat duit Anda diam di tempat, namun pun dapat menguntungkan kita di masa depan.

8. Lakukan Perbandingan

Melakukan komparasi antara pengeluaran dengan anggaran. Hal terakhir ini mesti Anda lakukan, untuk memahami apakah pengeluaran Anda cocok dengan perkiraan yang telah dibuat, atau justeru melebihi dari perkiraan yang sudah Anda buat. Jika yang terjadi laksana itu, telah seharusnya Anda mengerjakan revisi terhadap perkiraan tersebut. Bandingkan dengan daftar pengeluaran harian Anda, untuk memahami untuk keperluan apa saja kita mengeluarkan duit yang besar.

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *