4 tanda katalog elektronik Anda sukses

 

Software Procurement Tahukah Anda bahwa katalog elektronik Anda dapat mengukur perilaku konsumen dan menjawab tantangan mengenai layanan konsumen yang profesional di masa depan?

Jika Anda sudah berusaha mendesain katalog elektronik yang atraktif dan konten menarik, kini saatnya untuk mengukur kesuksesan katalog tersebut setelah dipublikasikan di website Anda. Begini cara mengukurnya!

  1. Konsumen sering menggunakan Internal search

Analytics dari katalog Anda akan menemukan bahwa banyak konsumen yang mencari produk di dalam katalog elektronik dengan menggunakan internal search. Itu artinya, mereka sudah tahu apa yang mereka inginkan dan langsung mencarinya secara spesifik untuk mendapatkannya.

Parameter yang bisa diamati yaitu, keyword apa saja yang dimasukkan oleh pengguna, presentase pembelian barang setelah menemukan produk tersebut, dan sebagainya. Bahkan search yang tidak menghasilkan pun menjadi sebuah parameter bahwa produk Anda tidak dapat menjadi solusi konsumen tersebut.

  1. Konsumen tertarik dengan produk dalam banner rekomendasi

Katalog elektronik yang memiliki rekomendasi produk dapat mengukur kesuksesan penjualan dari berapa banyak pengguna yang meng-klik produk rekomendasi dari Anda. Fitur ini bukan hanya tanpa sengaja merekomendasikan produk tetapi untuk mengamati perilaku konsumen terhadap produk yang ditawarkan. Cara mengukurnya yaitu dengan melihat jumlah impresi, berapa kali banner rekomendasi tersebut diklik.

  1. Konsumen meningkat karena ada diskon dan promosi

Penjual dapat mengukur seberapa banyak orang tertarik dengan promo mereka lewat katalog elektronik. apakah Animasi flash yang mencuri perhatian sudah efektif untuk menjaring pembeli? Analisa ini memberikan informasi yang cepat bagi Anda, mengenai kategori yang paling disenangi oleh pembeli.

  1. Konsumen berinteraksi dengan chatbot customer service

Katalog elektronik yang terintegrasi dengan chatbot dapat memonitor pertanyaan konsumen seputar produk. Virtual assistant ini mampu merekam interaksi dan menyimpulkan bahwa produk yang paling laris yang mana, juga apa saja yang dicari oleh konsumen saat mereka chatting dengan customer service. Dari hasil laporan ini, Anda bisa meningkatkan layanan di kemudian hari. Ukuran yang bisa dipakai dapat mengikuti parameter berikut ini:

  1. Pengunjung yang chatting lebih dari 5 menit
  2. Pengunjung yang chatting kurang dari 5 menit
  3. Pengunjung yang tidak berinteraksi dengan chatbot.

 

Dengan mengamati perilaku konsumen, Anda dapat mengevaluasi kebutuhan katalog elektronik untuk memberikan yang terbaik bagi kepuasan konsumen. Selain itu Anda juga hemat waktu dalam mengumpulkan database pelanggan dan menjawabi kebutuhan mereka satu persatu.

 

Leave a Comment